Muhammad Antoso


Selamat Datang di Blogs Antok Pemuda Sumenep Semoga Bermanfaat

Kamis, 07 Juni 2012

LAPORAN HASIL ANALISIS UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS




Diajukan Sebagai Salah Satu Persyaratan
Untuk Memperoleh Kelulusan Pada Mata Kuliah Psikometri


IAIN










Oleh:
Moh Antoso
B07210076

Dosen Pembimbing:
Suhadianto Musthafa, S.Psi, M.Psi, Psi.

PROGRAM STUDI PSIKOLOGI
FAKULTAS DAKWAH
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL
SURABAYA
2012



KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim, Allah maha pengasih lagi maha penyayang, Segala puja dan puji syukur kami ucapkan kehadirat Ilahi Robbiy, dengan karunia, taufiq, hidayah dan inayah-Nya sehingga kami dapat menikmati hidup dimuka bumi ini dijalannya, yang penuh rahmat dan kasih sayang-Nya, hingga kami tumbuh semangat untuk memperjuangkan agama Islam dengan jalan dakwah dan dakwah, baik melalui menuntut ilmu ataupun dakwah hidup di jalan Allah SWT Fisabilillah. Dengan Rahman dan Rahim-Nya alhamdulillah saya dapat menyelesaikan laporan tugas akhir mata kuliah Psikometri.
Tidak lupa Sholawat serta salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada baginda Rasulullah SAW,  yang telah memberikan arah penerangan berupa An Nur Islam sehingga kita bisa menuju jalan yang benar dan terang menderang yang penuh rahmat dan belas kasih Allah SWT dan Rasul-Nya.
Laporan tugas akhir ini diajukan sebagai salah satu persyaratan
untuk memperoleh kelulusan pada mata kuliah Psikometri. Tentunya laporan tugas akhir ini tidak akan dapat diselesaikan oleh saya tanpa adanya bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, saya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, antara lain :
1.      Bapak Prof. Dr. H. Nur Syam, Msi. selaku Rektor Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
2.      Bapak Drs. Aswadi, M.Ag, selaku Dekan Fakultas Dakwah.
3.      Ibu DR.dr.Hj. Nur Asiyah, M.Si, selaku Kepala Program Studi Psikologi IAIN Sunan Ampel Surabaya.
4.      Bapak Suhadianto Musthafa, S.Psi, M.psi,Psi, yang telah membimbing saya dalam mempelajari dan memahami mata kuliah Psikometri, khususnya penyusunan laporan tugas akhir ini.
5.      Kedua orang tua yaitu Bapak dan Ibu yang tiada lelah selalu mendukung dan mendo’akan saya dalam berjuang menggapai cita-cita hidup.
6.      Semua pihak yang juga membantu dalam penyelesaian laporan tugas akhir ini.
7.      Dan yang terakhir semua sahabat dan teman-teman saya selalu memberikan bantuannya dalam penyelesaian laporan tugas akhir ini.
Saya sadar sepenuhnya dalam penyusunan laporan tugas akhir ini masih terdapat banyak kesalahan dan kekurangan, baik dari segi tulisan maupun kalimat maksud-maksud tertentu dalam laporan ini. Dan saya sadar bahwasanya Allah SWT menciptakan makhluk dimuka bumi ini dengan sempurna, lebih-lebih manusia yang diprioritaskan oleh Allah SWT dalam kesempurnaanya sebagai ummat Nabi Muhammad SAW, dengan tujuan diturunkan manusia kebumi ini untuk menjadi Khalifah pemimpin ummat sesama lain, namun disisi lain yang namanya manusia tidak luput dari kesalahan dan lupa. Oleh karena itu kritik dan saran yang bersifat membangun semangat/motivasi sangat diperlukan demi kesempurnaan laporan tugas ini. Harapan saya semoga laporan ini dapat bermanfaat bagi penyusun khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.

Amin Ya Robbal ‘Alamin.


                   Minggu, 08 Januari 2012

               
          Moh Antoso










DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………           i
DAFTAR ISI………………………………………………………..            .           iii
A.    Validitas & Reliabilitas
1.      Pengertian Validitas & Reliabilitas………………………….          1
2.      Urgensi Uji Validitas & Reliabilitas…………………………         4
B.     Analisis Validitas Faktorial
1.      Blue Print Tes………………………………………………..         4
2.      Tabulasi Data Jawaban Subjek……………………………....         5
3.      Uji Validitas Aitem
a.       Indikator Sociability…………………………………...           6
b.      Indikator Impulsiveness………………………………            .           7
c.       Indikator Activity……………………………………. .           8
d.      Indikator Liveness……………………………………..           9
4.      Uji Validitas Faktor………………………………………….         10
5.      Uji Reliabilitas……………………………………………….         11
C.    Analisis Taraf Kesukaran Soal & Daya Beda Soal
1.      Blue Print Tes………………………………………………..         12
2.      Respon Subjek
a.       Tabulasi Jawaban Subjek………………………………           13
b.      Tabulasi Skor Subjek…………………………………..           14
c.       Tabulasi Jawaban Subjek & Skor Yang Telah Diukur...            16
3.      Analisis Aitem
a.       Menghitung Mean Total (Mt)…………………………            17
b.      Menghitung Standart Deviasi…………………………            17
c.       Analisis Taraf Kesukaran & Daya Beda Soal…………            18
4.      Aitem Yang Boleh Dipakai & Tidak Boleh Dipakai………..          23
D.    Kesimpulan..................................................................................           23
E.     Daftar Pustaka………………………………………………….          25


A.    Validitas & Reliabilitas Tes
1.      Pengertian Validitas & Reliabilitas
a.  Reliabilitas
Reliabilitas merupakan penerjemahan dari kata reliability yang mempunyai asal kata rely dan ability. Pengukuran yang memiliki reliabilitas tinggi disebut sebagai pengukuran yang reliabel (reliable). Walaupun reliabilitas mempunyai berbagai nama lain seperti keterpercayaan, keterandalan, keajegan, kestabilan, konsistensi, dan sebagainya. Namun, ide pkok yang terkandung dalam konsep reliabilitas adalah sejauh mana hasil suatu pengukuran dapat dipercaya. Supaya hasil suatu pengukuran bisa dikatakan reliabel, maka sebelum alat ukur tersebut digunakan terlebih dahulu harus dilakukan uji reliabilitas. (Saifuddin Azwar, 2010, hal. 4)
Hasil pengukuran dapat dipercaya hanya apabila dalam beberapa kali pelaksanaan pengukuran terhadap kelompok subjek yang sama diperoleh hasil yang relatif sama, selama aspek yang diukur dalam diri subjek memang belum berubah. Dalam hal ini, relatif sama berarti tetap adanya toleransi terhadap perbedaan-perbedaan kecil diantara hasil beberapa kali pengukuran. Bila perbedaan itu sangat besar dari waktu ke waktu maka hasil pengukuran tidak dapat dipercaya dan dikatakan sebagai tidak reliabel.
b. Validitas
Validitas berasal dari kata validity yang mempunyai arti sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya. Suatu tes atau instrumen pengukur dapat dikatakan mempunyai validitas yang tinggi apabila alat tersebut menjalankan fungsi ukurnya, atau memberikan hasil ukur, yang sesuai dengan maksud dilakukannya pengukuran tersebut. Tes yang menghasilkan data yang tidak relevan dengan tujuan pengukuran dikatakan sebagai tes yang memiliki validitas rendah. (Saifuddin Azwar, 2010, hal. 5-6)
Terkandung disini pengertian bahwa valid-tidaknya suatu alat ukur tergantung pada mampu tidaknya alat ukur tersebut mencapai tujuan pengukuran yang dikehendaki dengan tepat. Suatu tes yang dimaksudkan untuk mengukur atribut A dan kemudian memang menghasilkan informasi mengenai atribut A, dikatakan sebagai alat ukur yang memilki validitas tinggi. Suatu tes yang dimaksudkan untuk mengukur atribut A akan tetapi menghasilkan data mengenai A’ atau bahkan B, dikatakan sebagai alat ukur yang memiliki validitas rendah untuk mengukur atribut A walaupun tinggi validitasnya untuk mengukur atribut A’ atau B.
Dari cara estimasinya yang disesuaikan  dengan sifat dan fungsi setiap tes, tipe validitas pada umumnya digolongkan dalam tiga kategori, yaitu content validity (validitas isi), construct validity (validitas konstrak), dan criterion-related validity (validitas berdasar kriteria). (Saifuddin Azwar, 2010, hal. 45)
Ø  Validitas Isi
Merupakan validitas yang diestimasi lewat pengujian terhadap isi tes dengan analisis rasional atau lewat profesional judgment. Pertanyaan yang dicari jawabannya dalam validasi ini adalah “sejauh mana aitem-aitem dalam tes mancakup keseluruhan kawasan isi objek yang hendak diukur” atau “sejauh mana isi tes mencerminkan ciri atribut yang hendak diukur”.
Validitas isi terbagi menjadi du atipe, yaitu face validity (validitas muka) dan logical validity (validitas logik).
a.       Validitas Muka
Adalah validitas yang paling rendah signifikansinya karena hanya didasarkan pada penilaian terhadap format penampilan (appearance) tes. Apabila penampilan tes telah meyakinkan dan memberikan kesan mampu mengungkap apa yang hendak diukur maka dapat dikatakan bahwa validitas muka telah terpenuhi.
b.      Validitas Logik
Validitas logik disebut juga sebagai validitas sampling (sampling validity). Validitas tipe ini menunjuk pada sejauh mana isi tes merupakan representasi dari ciri-ciri atribut yang hendak diukur.
Ø  Validitas Konstraks
Adalah tipe validitas yang menunjukkan sejauhmana tes mengungkap suatu trait atau konstrak teoritik yang hendak diukurnya (Allen Yen, 1979). Pengujian validitas konstrak merupakan proses yang terus berlanjut sejalan dengan perkembangan konsep mengenai trait yang diukur. Walaupun pengujian validitas konstrak biasanya memerlukan teknik analisis statistika yang lebih kompleks dari pada teknik-teknik yang dipakai pada pengujian validitas empirik lainnya akan tetapi hasil estimasi validitas konstrak tidak dinyatakan dalam bentuk suatu koefisien validitas.
Ø  Validitas Berdasar Kriteria
ü  Validitas Prediktif
Artinya apabila tes dimaksudkan untuk berfungsi sebagai prediktor bagi performansi di waktu yang akan datang. Contoh situasi yang menghendaki adanya prediksi performansi ini antara lain adalah dalam bimbingan karir, dalam seleksi mahasiswa baru, dalam klasifikasi dan penempatan karyawan, dan semacamnya.
ü  Validitas Konkuren
Validitas konkuren merupakan indikasi validitas yang layak ditegakkan apabila tes tidak digunakan sebagai suatu prediktor dan merupakan validitas yang sangat penting dalam situasi diagnostik. Bila tes dimaksudkan sebagai suatu prediktor bagi performansi, maka validitas konkuren tidak cukup memuaskan dan validitas prediktif merupakan keharusan.
2.      Urgensi Uji Validitas & Reliabilitas
a.       Urgensi Uji Reliabilitas
Adapun manfaat atau pentingnya dari adanya uji reliabilitas suatu tes atau pengukuran yaitu, pertama kita dapat mengetahui sejauh mana tingkat kepercayaan, keterandalan, keajegan, kestabilan, dan konsistensi dari hasil suatu pengukuran. Dapat dipercaya disini maksudnya apabila beberapa kali pelaksanaan tes terhadap kelompok subjek yang sama diperoleh hasil yang relatif sama. Kedua kita dapat memperoleh informasi mengenai kecermatan data sebagai estimasi skor yang sebenarnya dimiliki oleh subjek penelitian.
b.      Urgensi Uji Validitas
Dengan adanya uji validitas pada suatu tes atau pengukuran kita dapat mengetahui, pertama sejauh mana ketepatan dan kecermatan suatu alat ukur dalam melakukan fungsi ukurnya, atau sejauh mana alat itu mengukur apa yang seharusnya diukur. Kedua, kita dapat mengetahui mampu tidaknya suatu alat ukur mencapai tujuan pengukuran yang dikehendaki dengan tepat. Artinya, apakah mampu alat ukur tersebut mengungkap atribut-atribut yang memang dikehendaki dari subjek. Dan yang ketiga, dengan uji validitas kita juga dapat memberikan gambaran-gambaran yang cermat mengenai subjek yang diukur, dan juga bisa memprediksi kemampuan subjek di masa yang akan datang.

B.     Analisis Validitas Faktorial
1.      Blue Print Tes
No.
Indikator
Jenis Aitem
Jumlah
Favourable
UnFavourable
1
Sociability
1,2,3
4,5
5
2
Impulsiveness
7,9,20
19,15
5
3
Activity
8,6,10
11,12
5
4
Liveness
13,14,16
18,17
5
Total
10
10
20

2.      Tabulasi Data Jawaban Subjek
TABULASI SKOR 30 SUBJEK PADA 20 AITEM SKALA KEPRIBADIAN EKSTROVERT






















No Aitem
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
Jenis Aitem
F
F
F
UF
UF
F
F
F
F
F
UF
UF
F
F
UF
F
UF
UF
UF
F
1
3
2
1
2
2
3
1
2
2
2
2
2
3
2
2
2
2
2
3
3
2
2
2
1
1
2
2
2
2
2
3
1
1
2
2
2
1
2
2
3
1
3
2
1
1
1
3
4
1
3
2
3
3
2
2
2
2
1
2
1
1
2
4
2
2
2
2
3
3
3
3
2
3
1
2
2
2
2
1
2
2
3
2
5
2
2
2
2
2
3
2
2
2
3
2
2
2
2
2
2
2
2
3
2
6
2
1
1
2
2
2
1
2
2
3
2
2
2
2
2
2
2
1
1
1
7
2
1
1
2
2
3
2
2
2
3
1
2
3
2
2
1
3
2
2
3
8
2
1
1
2
3
2
2
2
2
3
1
2
2
2
2
1
3
2
1
2
9
2
2
1
2
1
2
2
1
2
2
1
1
2
2
1
1
2
2
3
2
10
2
2
1
2
2
3
2
3
3
3
1
2
3
2
2
1
3
3
3
3
11
2
1
1
1
1
1
2
2
1
1
2
1
1
2
3
2
2
2
2
2
12
4
2
3
1
3
4
3
2
1
3
3
2
1
2
4
4
3
4
3
3
13
2
1
3
2
2
1
2
3
2
3
2
2
1
1
2
3
2
2
3
4
14
1
1
2
1
1
1
3
1
3
2
2
1
1
1
2
3
2
2
2
3
15
2
1
2
1
1
1
2
1
3
2
2
1
1
2
1
3
2
2
2
3
16
3
2
3
2
2
1
2
2
1
1
3
1
1
1
2
3
2
3
2
4
17
3
2
3
2
2
1
2
2
1
1
3
1
1
1
2
3
2
3
2
4
18
2
2
2
2
2
1
2
2
1
1
2
1
1
1
1
3
2
3
2
4
19
4
3
2
2
2
1
3
3
3
2
3
2
2
2
2
3
2
3
3
3
20
2
1
2
1
1
1
2
1
3
2
2
1
1
2
1
1
2
1
2
2
21
1
2
1
1
2
1
3
2
1
1
2
2
1
2
4
3
2
3
3
4
22
2
1
1
1
1
1
1
1
1
1
2
1
1
2
2
3
2
2
1
2
23
2
1
2
2
2
1
3
2
3
2
2
2
1
2
3
3
3
3
2
1
24
2
2
2
2
2
2
2
2
3
2
2
2
1
2
1
4
2
3
3
3
25
4
2
3
2
2
1
4
2
1
1
2
1
2
1
2
1
2
2
2
4
26
2
1
2
1
1
2
1
3
1
1
2
1
1
1
2
3
2
2
2
2
27
3
2
4
2
1
2
3
2
1
3
3
2
2
2
4
4
3
1
3
4
28
2
2
2
2
2
2
2
2
2
3
2
2
2
2
2
2
2
2
3
3
29
1
1
2
1
1
1
2
1
3
2
2
1
1
1
1
4
1
1
3
1
30
3
2
2
2
2
1
2
2
3
2
2
2
1
1
2
3
2
2
2
3






















Tidak ada komentar:

Posting Komentar